Pulang

by njx

Kamu mau kemana?

Pulang.

Tapi ini rumahmu.

Bagaimana kamu bisa merasakan pulang jika kamu tidak pernah pergi?

 

Dulu kamu pernah bilang, semuanya mudah. Semuanya berpola. Masalah datang dan pergi. Semuanya sama. Hanya bagaimana kita menghadapinya. Kamu dan aku berbeda. Kamu mudah. Aku sulit. Kamu selalu berpikir jernih. Aku seringkali panik. Kamu ceroboh. Aku teliti. Kamu mengikuti semua yang kamu ingin lakukan. Aku sibuk menimbang mana yang baik dan yang tidak. Kita terlalu berbeda.

 

Bagaimana kamu tahu mana rumahmu, jika kamu selalu pergi?

Aku akan selalu tahu. Karena aku akan selalu merindukannya.

Bagaimana bisa?

Karena suatu saat, ketika aku lelah merindukannya, aku akan berhenti. Berhenti untuk selalu pergi. Pulang ke rumah. Menunggu satu lagi sebuah tujuan akhir. Bersamamu.

