Day 5: Kahuripan

by njx

Okay. It’s kinda late, I know. College thingy bikin aku jarang nyentuh blog.

Tanggal 12 Februari 2012. Kita udah dapet kereta Kahuripan tujuan Jogja, tapi harus ke Kediri dulu. Berangkatlah kita jam 6 pagi dari rumah. Pamit sama tante, jalan keluar cari angkot. Karena kita keroyokan + akumulasi barang bawaan 9 orang, si bapak sopir angkot dengan bijaksananya menawarkan carter dengan harga normal. Dan kita dengan senang hati mengiyakan. Karena males juga kalo ada penumpang lagi di angkot sempit penuh tas ini.

Sampe stasiun, kita niat ambil kereta Penataran yang jam 7.28. Nyampe depan loket mencelos liat tulisan ‘Habis’ di samping jam keberangkatan 7.28. Tanya ke petugas loket dengan harapan kita salah liat tulisan, eh ternyata habis beneran -____- Sial, kita kurang pagi nih berangkat jam 6 dari rumah?

Langsung telpon Mama buat cari bala bantuan. Mama nyuruh naik bis. Kira-kira perjalanannya 4-5 jam ke Kediri. Jadi masih oke kalo kita berangkat sekarang. Rada mules juga bayangin naik bis. Non AC lagi. Fyi; aku paling benci bau solar. Apalagi ada Dillo dan Gulang yang mabuk darat. Rasanya bis itu pilihan nomer kesekian. Masalahnya udah nggak ada pilihan lain.

Naik angkot lagi, desek-desekan lagi, mana sekarang sama penumpang lain lagi. Menuju Terminal Landungsari. Iya, Landungsari yang deket rumah itu. Semacam useless trip ke stasiun. Setelah nyampe terminal, kita mau naik Puspa Indah jurusan Kediri. Bis-nya belom ada. Masih harus nunggu setengah jam.

Pas bis-nya dateng, semua rebutan. Rebutan sodara-sodara. Sampe lari-larian gitu ke bis-nya. Secara barang kita banyak, kita naroh tas dulu di bagasi dan naik rada telat. Jadi kepisah. Gulang diwajibkan duduk. Yang berdiri nggak tahu siapa aja. Aku, Dillo, Ipul di depan soalnya. Ipul berdiri. Sisanya di belakang. Kukira bis-nya besar kayak yang jurusan Jombang. Ternyata kecil. Cuma sebesar Kopata agak gedean dikit lah. Dengan penuh manusia di dalemnya. Oke, here we go. Memang ditakdirkan harus lewat jalan darat biar mereka menikmati pemandangan jalan kelak-kelok Batu haha.

Nyaris nggak tidur di bis. Bis bener-bener penuh nggak nyante. Ipul berdiri hampir sepanjang perjalanan, Dhika malah sepanjang perjalanan. Kasian. Turun di Pagora, Kediri sekitar jam 11-an. Dengan panas matahari Kediri yang super nggak santai juga, kontras sama dinginnya Malang, panas habis desek-desekan, kita dijemput om-ku buat kerumah. Karena keretanya masih jam 3 sore. Desek-desekan lagi di mobil hahaha. Nyampe rumahku, pada tepar. Teleparan di lantai kayak ikan asin.

Makan rujak cingur. Nonton acara tv yang nggak jelas. Eh hujan deres banget. Labil cuacanya padahal tadi sukses bikin kita kering kepanasan. Jam setengah 3-an, kita dianter ke stasiun sama om-ku lagi. Cuma tinggal gerimis doang sih. Kata Icok, Jawa Timur menangis melihat kepulangan kita. Halah lebe amat :))

Sampe stasiun, kereta baru aja nangkring. Kita dapet gerbong satu; yang bel tooot-tooot dari lokomotif kedengeran kenceng banget. Duduk sebaris. Sebelah kanan Azug, Temon, sama Zaki. Merajai kursi yang harusnya buat empat orang. Di sebelah kiri yang buat enam orang ada aku, Dhika, Dillo, Gulang, Ipul, Icok. Full. Kasian Dhika kakinya stuck hahaha jadi orang ketinggian sih. Yeah, we’re going home.

Pas kereta mau jalan (atau pas habis berhenti di stasiun ya?) Tiba-tiba ada layangan nyangkut di jendela kita. Mending cuma kertasnya, nah ini nyangkut setali-talinya. Serem kalo bayangin ni layangan nyangkut di kabel listrik pas kereta lagi jalan kenceng-kencengnya… Hiiiy. Sama Ipul ditarik-tarik nggak bisa. Kita nggak ada gunting. Dan akhirnya dipotong pake cukuran jenggot. Buahahaha :)) Berhasil lho.

Cerita-cerita random sepanjang jalan. Pedagang asongan bolak balik. Main kartu (Sinheart, jelas)  sampe dikomentarin pedagang yang lewat. Makan bekal di seperempat awal perjalanan dan kelaparan pas udah malemnya. Tidur pada cuma bentar-bentar (kecuali Gulang). Karena pada sadar kali ya, holiday is almost over. Pengen menikmati sisa-sisa dari perjalanan pertama kita yang oke.

Kenapa pertama? Karena bakal ada perjalanan-perjalanan seru kita yang lainnya di depan mata. :) See you there!

Advertisements