Sudah Bukan Siswa SMA

by njx

22 Mei 2011. Ketika arakan masa memprovokasi untuk bergerak, terlewat sudah nol koma tiga sekian dekade kehidupan itu. Ketika waktu datang dengan tepatnya, tak bisa ditunda dan dipercepat. Sekolah Menengah Atas, ku selesaikan. Aku bukan lagi siswa, aku akan mengenyam pendidikan bersama predikat mahasiswa. Karena hidup bukan layang-layang, yang bisa diatur sedemikian rupa, kapan tarik kapan ulur, kapan maju kapan mundur. Karena hidup selalu maju.

Detikku berhenti disini. Detik persekolahan. Kini aku punya detik baru. Yang bahkan belum berdetak sama sekali. Masih di 00:00:00.

Ketika sebuah upacara akbar menyatukan. Menyatukan apa yang telah bersatu menjadi keluarga besar. Keluarga besar dalam ikatan alumni. Kami adalah alumni SMA Negeri 8 Yogyakarta, kawan. Bangganya :) Ketika kelak akan ada cerita untuk anak cucu. Ini lho kehidupan SMA kami. Ini lho kehidupan Delayota kami. Ini lho bagian hidup kami hingga akhir hayat nanti.

Butuh berapa kalimat untuk menggambarkan perasaan ini? Nol besar. Karena tak ada yang mampu. Tidak ada kata terlambat untuk sebuah euforia. Begitu juga dengan tulisan ini. Di hati dan kepalaku masih berdentum euforia kelulusan. Wisuda. Graduation. Seperti ingin menantang, halo Dunia, kami datang… Kami terbang. Sayap kami telah utuh sekarang. Sebuah karangan mimpi yang sangat indah. Menemani sayap kami mencapai tempat tertinggi. Dan kami pernah singgah disini, di sebuah tempat luar biasa, dengan manusia luar biasa pula. Terima kasih :)

Advertisements