Bali – Second Day

by njx

Kita lanjut dah dari post sebelumnya. Hari kedua di Bali:

First destination kita hari ini adalah nonton Tari Barong. Sebenernya aku pengeeeen banget nonton Tari Kecak, tapi ya syukuri yang ada lah (: Seru Tari Barongnya. Udah modern gitu. Banyak humornya. Hampir 40% si Rouge isinya Tari Barong semua. Objeknya seru sih. Seluruh jalan cerita tari ini ada fotonya semua. Tapi jelas nggak mungkin aku upload disini semua. Salah tiganya aja deh.

Ini gambar pembukanya. Seorang bapak yang ngasih sesajen di atas panggung. I love this capture <3 Fyi, penonton disini mbludak banget. Sampe gelar tiker dimana-mana gitu.

Tari Barong intinya adalah pertarungan antara kebaikan dan kejahatan yang nggak akan pernah berakhir. Kejahatan diperlukan untuk balancing dunia ini. Kedua elemen itu harus ada. Hanya saja takarannya yang harus sesuai, supaya balance-nya terjaga (:

Ini dia pemeran utamanya, si Barong dan si Monyet. Barongnya imuuuuut banget waktu lagi akting hihi. Dia mirip semacam peliharaan yang lucu punya. Dan si Monyet inilah poros humornya. Dia genit banget sama penonton. Kelakuan mereka berdua menghibur banget deh. Konyol ((:

Ini nih puncak berakhirnya Tari Barong. Semacam debus. Tapi kata Bli Ketut Sudarma, our lovely guide from Bali, atraksi itu bohongan. Ada semacam triknya. Keris itu terbuat dari baja dengan ketebalan sama di pangkal dan ujungnya. Tapi jauh lebih tipis di bagian tengah, jadi bisa dengan mudah dibengkokkan oleh orang yang sudah terbiasa. Trik lain biar mereka nggak tertusuk ujung keris adalah keris harus jauh lebih pendek dari tangan mereka, jadi ujung keris nggak akan kena badan kalo tangan mereka nggak ditekuk. Tapi basicly, adegan ini lumayan horor… o:

Habis nonton Tari Barong, kita ke rumah adat bali di Pusat Tenun Galuh. My first impression-ku tentang rumah itu >> kastil. Gedeee banget. Bener-bener style Bali banget deh!

beberapa dari Delayota 011

Ini foto yang kita ambil di salah satu (inget guys, salah satu.) bagian rumahnya. Bagian lainnya jauh lebih banyak dan buesaaar. Ada beberapa bagian yang nggak boleh dimasukkin wanita yang lagi haid. Sayang banget, tapi aku harus menghormati itu (: Dan ada Pura Keluarga yang khusus hanya boleh dimasuki oleh anggota keluarga.

Bli Ketut Sudarma

Ini dia Bli Ketut! Sumpah deh orangnya seru abis, gaul abis, kocak abis :D Banyak banget informasi keren tentang Bali yang kita dapetin dari Bli Ketut. Nggak cuma itu, Bli juga cerita tentang keluarganya, hidupnya, dan istrinya yang asli orang Jepang. Bli Ketut juga cerita dia suka melukis. Lukisannya berkisar tentang kehidupan tradisional Bali. Wanita Bali jaman dahulu itu topless sodara-sodara. Top + Less, tanpa atasan. Wanita Bali jaman dulu nggak kenal beha, mereka bertelanjang dada layaknya pria. Itulah kenapa Bali disebut The Paradise Island oleh orang Eropa. Karena saat Eropa datang ke Bali pertama kali, model pakaian seperti itulah yang dilihat orang Eropa, topless. Bli Ketut juga menghadiahi kita vcd film tentang kisah tradisional Bali. Dimana si cewek, Poutou, yang patah hati akhirnya bunuh diri. Lengkap dengan kehidupan pasar Bali dengan wanita topless-nya. Kebayang riuhnya cowok satu bus waktu nonton ini -.- Fyi, kita nonton ini film di bus perjalanan pulang ke Jogja.

Lanjuuut, habis dari Galuh, kita belanja ke Pasar Seni Sukowati. Aku beli kaos, daster buat oleh-oleh. Dan beli gelang kembaran sama Friend (: Oh with S, si Ipul ikutan kembaran. Terus kita ke Hutan Sangeh yang terkenal monyetnya itu. Kita fast forward aja karena aku nggak bisa banyak cerita disini. Karena aku lagi halangan, jadi nggak bisa ke hutannya langsung, hiks ): Disini ada pohon Lanang Wadon yang notabene mirip dengan ‘punya’ kalian q:

friend+s :)

Ini gelangnyaaa. I love you guys *-:

Terus ini tato-ku yang udah kering (: Bentar lagi harus aku hapus, wah wah.

Mungkin segitu aja cerita hari kedua. Habis dari Sangeh, kita dapet free time. Boleh ngapain aja asal pulang sebelum jam 12 malem ke hotel. Banyak yang pada menikmati night life Bali. Tapi saya dan kawan-kawan menghabiskan waktu berharga ini untuk belanja makanan dan ngobrol ngalor ngidul dan ngakak dan guling guling dan hina-hinaan sampai jam 11 malem. Hahahaha I love that time, really really a great time with Friend ♥

Sampai ketemu besok (:

Advertisements